Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query)

Berkaitan dengan itu, di artikel kali ini akan dipaparkan beberapa langkah untuk melakukan impor basis data melalui phpMyAdmin yang tersedia di cPanel. Dengan adanya artikel ini juga kami harap pengguna dapat lebih mudah saat ingin mengelola basis data secara mandiri. berikut langkah-langkah  Upload database pada cpanel:

1.Login ke CPanel plih menu MySQL Databases

2.Masukan nama Database yang di ingin kan , lalu klik Create Database

3. Masih dihalaman MySQL, pilih pada MySQL Users. Anda harus buat user database. Isikan username sesuai keinginan  Anda dan masukkan password nya. Kemudian klik tombol Create User. Muncul halaman sukses, trus kik Go Back

4.Masih dihalaman MySQL bisa arahkan browser ke bawah terdapat menu add User To Database. Klik tombol Add. Pada halaman berikutnya centang All Privileges dan klik tombol Make Changes. Muncul halaman sukses. Klik Go Back.

5.Masuk ke Cpanel -> pilih menu phpMyAdmin

6.Pada menu phpMyAdmin, pilih database yang ingin Anda Import. Kemudian pilh tab Import

7.Klik Choose file dan cari database yang ingin anda import pada local komputer anda dan database sudah berada pada hosting anda

Selamat mencoba