Domain Forwarding adalah salah satu aktifitas dimana nantinya akan mengarahkan pengunjung nama domain ke situs atau website yang berbeda. Dan yang dimaksud dengan masking nama domain adalah untuk menjaga nama domain yang di forwarding dari pengunjung atau menjaga nama domain tetap terlihat pada address bar browser.

Sebagai contoh jika ingin melakukan domain forwarding domain.apa ke domainlain.apa, nama domain yang muncul pada address bar browser adalah domainlain.apa, tidak perlu melakukan masking tetapi jika ingin tetap menjaga nama domain domain.apa pada address bar browser maka perlu melakukan masking.

Untuk melihat perbedaan dalam konfigurasi Domain Forwarding dengan masking atau tanpa masking domain, dapat anda lihat pada gambar berikut :

Untuk melakukan aktifitas tersebut dapat melakukan lewat panel domain yang anda miliki, bagi yang membeli domain dari DuniaHosting.com dapat mengakses panel domain dengan url  http://cp.duniahosting.com .

1. Setelah login ke dalam panel domain, silahkan memilih domain yang ingin forwading. Melalui menu Manage Orders, silahkan memilih menu List/Search Order.

2. Setelah itu akan masuk ke dalam halaman nama-nama domain yang di miliki, kemudian pilihlah domain yang akan di forwarding.

3. Kemudian diarahkan ke dalam halaman manage domain tersebut. Pada bagian kanan akan mendapati beberapa menu yaitu : Domain Registration, Email, Digital Certificate, DNS Management dan Domain Forwarding.  Agar aktifitas Domain Forwarding dapat berjalan dengan baik, sebelumnya harus melakukan perubahan name server menjadi name server default. Ini dapat di akses pada Global Registration – Name Servers bagi pengguna jasa layanan Dunia Hosting dapat menggunakan name server default sebagai berikut :

auto268425.mercury.orderbox-dns.com.
auto268425.venus.orderbox-dns.com.
auto268425.earth.orderbox-dns.com.
auto268425.mars.orderbox-dns.com.

Jangan lupa untuk melakukan Update Name Server guna menyimpan perubahan yang telah di buat.

4. Selanjutnya silahkan masuk ke dalam menu Domain Forwarding :

5. Kemudian pilihlah sub menu Manage Domain Forwarding, dimana nantinya akan memunculkan window baru.

6. Pada kolom Destination silahkan di isi nama domain tujuan dalam contoh kasus pada artikel ini domainlain.apa . Kemudian dapat menentukan option untuk domain yang akan di forwarding dengan masking atau tanpa masking dengan memilih option off atau on.

7. Setelah itu jangan lupa untuk melakukan SAVE .

Selamat Mencoba.